Jumat, 20 Juli 2012

LINGKUNGAN - Hiu Paus Mencari Makan Dengan Curi Jala Ikan Nelayan Papua

Perilaku mengambil ikan ini merupakan adaptasi yang dilakukan hiu paus untuk memenuhi asupan pangan hariannya. 

Hiu paus (Rhincodon typus), masuk dalam spesies ikan hiu. Disebut demikian karena tampilan fisiknya yang mirip dengan paus. Meski dilarang di beberapa negara, perburuan ikan ini masih marak ditemui. (LP/ thinkstockphoto).

 

Jakarta, LP - Ada rekaman langka sebagai bukti kecerdasan hiu paus (Rhincodon typus) yang di-posting di Youtube dan menarik 1,2 juta pemirsa. Dalam video itu, hiu paus mengambil makan, tepatnya menyedot, ikan dari jala nelayan di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua.

Ikan yang memiliki panjang lebih dari 12 meter dengan bobot mencapai 21,5 ton tersebut perlahan mendekati jala yang sudah terisi penuh. Dengan kekuatan mulutnya, jala tersebut disedot hingga robek, hingga menyebabkan ikan di dalamnya buyar.

 "Para nelayan di Teluk Cendrawasih, seperti halnya di sebagian besar area di Indonesia, menganggap hiu sebagai jimat keberuntungan dan teman," - Mark Erdmann. -

"Untuk mendukung tubuh besarnya, mereka (hiu paus) harus mengonsumsi beberapa ton ikan dan plankton setiap harinya," kata Greg Stone dari Conservation International (CI), Selasa (17/7).
Perilaku mengambil ikan ini, kata Stone, merupakan adaptasi yang dilakukan hiu paus untuk memenuhi asupan pangan hariannya. Hiu paus di area Teluk Cendrawasih juga sudah terbiasa mengikuti kapal nelayan lokal. Meski terlihat sebagai taktik cerdik, manuver penguntit ini bisa membahayakan si hiu. Dia bisa tersangkut dan butuh pertolongan manusia untuk melepaskan diri.


Untuk mencegah hal tersebut, akhirnya nelayan lokal bekerja sama dengan pihak konservasionis menghasilkan jala yang lebih bersahabat dengan hiu paus. "Para nelayan di Teluk Cendrawasih, seperti halnya di sebagian besar area di Indonesia, menganggap hiu sebagai jimat keberuntungan dan teman," kata ahli biologi laut, Mark Erdmann.

Dalam daftar International Union for Conservation of Nature (IUCN), hiu paus masuk kategori vulnerable. Membuatnya sebagai salah satu spesies yang terancam punah. Populasi hiu yang hidup di laut tropis bersuhu hangat ini terus menurun karena perburuan di beberapa negara. (tams/NGI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar