Kamis, 02 Februari 2012

INTERNASIONAL -- Sungai Terpolusi Dunia Yang Jadi Ekowisata


Jakarta, LP — Sungai Yamuna yang terletak di India akan diubah menjadi destinasi ekowisata. Sungai Yamuna merupakan salah satu sungai terpolusi di dunia. Seperti dikutip dari Telegraph, pemerintah setempat telah mengeluarkan pengumuman rencana ambisius mengubah tepi sungai menjadi taman bermain di tahun 2015.

Sungai Yamuna bermata air dari Pegunungan Himalaya dan mengalir melewati kota New Delhi. Saat air yang berwarna biru jernih mencapai New Delhi, air telah berubah menjadi hitam berlumpur dan berbau busuk.

Kematian sungai itu akibat berkembangnya kota New Delhi sebagai kota metropolitan. Setiap hari, penduduk kota tersebut membuang 3.000 liter kotoran melalui selokan yang berakhir di sungai.

Pemerintah India telah menghabiskan 300 juta poundsterling untuk rencana membersihkan sungai selama 20 tahun belakangan ini. Namun, pihaknya mengakui bahwa sungai lebih kotor saat ini dibanding saat pekerjaan itu baru dimulai.

Saat ini, pemerintah kota New Delhi membeberkan serangkaian rencana untuk membangun obyek wisata di tepian sungai, berbarengan dengan rencana untuk membersihkan air sungai dan menghentikan pembuangan air selokan ke sungai dalam waktu empat tahun.

Rencananya, di tepian sungai akan dibangun jalur untuk pejalan kaki. Selain itu akan dibuat "Zen Gardens" berupa taman yang membidik pasar para pecinta yoga. Di taman tersebut akan dilengkapi pondok-pondok untuk beryoga, area relaksasi spiritual, dan taman aromaterapi. Akan dibangun pula pondok pengamatan satwa liar.

Beberapa kalangan dari ahli lingkungan mengutarakan pesimistis mereka terhadap rencana tersebut. Mereka mengganggap tidak akan ada pengunjung yang mau datang kecuali jika sungai benar-benar bersih dan arus selokan dikelola dengan benar.

"Kami berharap dapat melihat pengurangan yang signifikan polusi akibat arus selokan di dua sampai tiga tahun ke depan. Kami telah mulai memperbaiki selokan-selokan yang bertanggung jawab terhadao 70 persen polusi di Yamuna," kata Sanjam Chima, juru bicara dari Yamuna Action Plan.

Sementara itu Suresh Kumar Rohilla dari pusat sains dan lingkungan kota New Delhi mengatakan bahwa proyek tersebut harus ramah lingkungan dan tidak tereksploitasi secara komersial.

Jika rencana tersebut benar-benar terealisasi, semakin banyak orang yang akan berwisata di tepian Sungai Yamuna dan membuat sungai menjadi hidup. Nah, di Indonesia pun terdapat Sungai Ciliwung yang dari mata airnya begitu jernih, namun masuk kota Jakarta berubah menjadi hitam dan bau. Akankah Sungai Ciliwung di Jakarta menjadi destinasi ekowisata suatu saat nanti?(tams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar