Sabtu, 18 Februari 2012

SEJARAH - Divisi Ke-11 Waffen SS Relawan Panzergrenadier Nordland







  • 23rd SS Panzergrenadier Regiment Norge (December 1944)
  • 24th SS Panzergrenadier Regiment Danmark
  • 11th SS Panzer Abteilung Hermann von Salza
Jakarta, LP - Divisi ke-11 Waffen SS Relawan Panzergrenadier Nordland (11th SS Volunteer Panzergrenadier Division Nordland) diambil dari nama yang berasal dari resimen yang berasal dari Divisi SS ke-5 'Wiking'. Adolf Hitler ingin mengenang dan menamai resimen ini dengan divisi Nordland yang baru, pada tanggal 17 Maret 1943. Usulan pertama dari Heinrich Himmler adalah Waräger.

Pada bulan April 1945 bagian 503 SS (schwere) Panzer Abteilung dilebur dengan Salza dan resimen SS Panzer ke-11 dibentuk. Dengan demikian, pembagian divisi bermotor menjadi divisi tank.

Divisi ini dibentuk pada musim panas 1943 dari berbagai unit relawan Jerman. Pendiri dari Divisi SS 11 adalah resimen Nordland yang telah ditransfer dari Divisi SS ke-5. Divisi ini akhirnya digabung dengan divisi ke-5 tersbut: mantan Freikorps Danmark menjadi resimen baru Danmark; resimen Norge di batalyon 1 adalah Freiwilligen mantan Legiun Norwegen, batalyon ke-2 dan 3 sebelumnya terdiri dari resimen Nordland. SS-Panzer Reconnaissance Batalyon 11 yang sebagian besar terdiri dari orang Swedia ditransfer dari divisi Wiking ini. Ada 11.400 orang di divisi, di antara mereka adalah 1.400 orang Denmark, Norwegia 550, 200 orang Swedia, 100 Estonia dan sebagian orang Finlandia, Belgia, Belanda dan Jerman etnis dari Rumania dan Hungaria. Pada bulan September 1943 mereka melawan partisan di sebelah utara Kroasia. Pada 30 Maret 1943 Hitler memberi perintah untuk membentuk SS-III (Jerman) Panzerkorps, yang terdiri SS Divisi Nordland dan SS Brigade Nederland. Pada bulan November 1943 korps dikirim ke depan Leningrad, di mana ia terbukti menjadi unit yang kuat di pertahanan Oranienbaum. Divisi ini mundur hingga Narva pada Januari 1944, sementara memiliki pertempuran sengit, dan juga mengambil bagian dalam melindungi jembatan Ivangorod itu. Pada bulan Juli 1944 mereka memiliki pertempuran sengit di perbukitan Sinimäed, di mana mereka berhasil menghentikan serangan Tentara Merah (Russian Red Army) untuk bekerja sama dengan Divisi SS ke-20 Estonia. Pada September 1944 sisa-sisa divisi mundur ke dalam saku Courland dan dibawa melalui Liibau (Liepaja) menuju Pomerania pada Januari 1945.



SS-Gruppenführer Fritz von Scholz (Mei 1943 sampai Juli 1944)




Dari bulan Februari sampai Maret 1945 divisi ini memiliki pertempuran sengit di Danzig, Stettin dan Stargard. Pada bulan Maret mereka bertempur di bagian depan Oder dan di Neukölln, di mana mereka menderita kerugian besar. Pada tanggal 20 Maret 1945 divisi itu dimasukkan ke dalam cadangan, tetapi pada tanggal 16 April Divisi Nordland dikirim untuk melindungi Berlin. Pada tanggal 26 April 1945 300-pria Prancis dari batalyon-SS datang untuk men
dukung divisi dan itu tambahan bantuan terakhir mereka. Divisi ini berjuang di Tempelhof dan Charlottenburg dan akhirnya dilindungi dari pertempuran di Bundestag sampai dengan 1 Mei. Dari April sampai Mei 1945 divisi ini memberikan salah satu batalyon dari Norge dan satu dari Danmark ke Divisi Lapis Baja ke-5 SS Wiking sebagai barter.

Sisa-sisa pembagian menyerah setelah pertempuran yang sulit dan mengorbankan diri untuk Tentara Merah di Berlin pada Mei 1945.


Lambang:

Cuffband Nordland; nama resimen 'Norge, Danmark dan Hermann von Salza; bendera Denmark dan Norwegia pada lengan; simbol rahasia SS dan gambar lingkaran matahari pada patch kerah.

30 orang dari divisi ini menerima Ritterkreuz Salib Besi (Knight Cross)


Divisi Pemimpin:

SS-Gruppenführer Fritz von Scholz (Mei 1943 sampai Juli 1944)
SS-Brigadeführer Joachim Ziegler (sampai April 1945)
SS-Brigadeführer Dokter Gustav Kukenberg
(tams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar