Selasa, 14 Februari 2012

SEJARAH - Divisi ke-7 Waffen SS Relawan Gunung Prince Eugen







  • 13th SS-Freiwilligen-Gebirgs Regiment Artur Phleps(August 1943)
  • 14th SS-Freiwilligen-Gebirgs Regiment Skanderbeg (December 1944)

Jakarta, LP - Divisi ke-7 Waffen SS Relawan Gunung Prince Eugen (7th SS-Volunteer Mountain Division Prince Eugen), merupakan divisi yang namanya berasal dari Austria yang bernama Marsekal, Pangeran Eugene dari Savoy (18 Oktober 1663, hingga 21 April 1736), yang pernah mengalami kemenangan yang luar biasa dalam perang melawan Turki dan Perancis.


Divisi ini dibentuk Maret 1942 oleh Jerman, yang anggota divisinya merupakan etnis Balkan, dan sebagian besar merupakan znggota dari Austria dan Rumania. Divisi ini dilatih di Serbia selama musim panas tahun 1942. Divisi ini terdiri dari sekelompok negara yang berbeda, peralatan dan pelatihannya sangat baik. Divisi ini digunakan dalam operasi anti-partisan. Para tahanan dan warga sipil yang membantu musuh, diperlakukan dengan kejam. Divisi ini ikut serta dalam Operasi Putih (White Operation) dari Januari sampai Maret 1943 di bidang Slunji, Bihach dan Petrovac, dan dalam Operasi Hitam (Black Operation) dari Mei hingga Juni 1943 di sebelah barat Montenegro. Mereka juga ambil bagian dalam Operasi Badai salju (Snowstorm Operation) pada bulan Desember 1943 di daerah Rogatica-Goražde. Pada tahun 1944 divisi beristirahat dan menerima tambahan pasukan di daerah Ragusa-Split. Setelah rehat mereka berjuang melawan partisan Tito. Pada Oktober 1944 mereka mundur saat berperang dengan Tentara Merah (Russian Red Army) melalui Yugoslavia untuk Belgrad.

Selama pertempuran pertahanan divisi ini, menderita kerugian besar yang mengakibatkan banyak prajurit memutuskan untuk disersi. Pada akhir tahun 1944 sisa-sisa dari Divisi SS ke-21 Skanderbeg digabung dengan resimen divisi ke-14, yang kemudian bernama Skanderbeg. Divisi ini terus membuka koridor Vardar di Makedonia, di mana Angkatan Darat Grup Lohr bisa melarikan diri. Mereka bertempur dengan sengit dengan Tentara Merah, tentara Bulgaria dan para partisan. Sampai Mei 1945 mereka berjuang di Balkan, di mana akhirnya mereka menyerah kepada orang-orang Yugoslavia di Cilli, Slovenia.


Lambang:



Cuffband Prinz Eugen (dari November 1942), nama resimen Artur Phelps (November 1944), simbol unit gunung di lengan, simbol Odalrunic pada patch kerah. Simbol-simbol rahasia SS juga dipakai.

6 orang dari divisi ini menerima Ritterkreuz Salib Besi (Knight Cross).


Divisi Pemimpin:

SS-Gruppenführer Artur Phleps (sampai Juni 1943)
SS-Brigadeführer Reichritter Carl von Oberkamp (sampai Februari 1944)
SS-Brigadeführer Otto Kumm (sampai Januari 1945)
SS-Oberführer Agustus Schmidhuber

(tams/eestileegion.com)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar