Senin, 20 Februari 2012

SEJARAH - Divisi ke-18 Relawan Panzergrenadier Horst Wessel SS







  • 39th SS Panzergrenadier Regiment (October 1944)
  • 40th SS Panzergrenadier Regiment
  • 18th SS Panzer Abteilung

Jakarta, LP - Divisi ke-18 Relawan Panzergrenadier Horst Wessel SS (18th SS Volunteer Panzergreandier Horst Wessel) adalah divisi yang namanya diambil dari seorang penyair muda Jerman yang bernama Horst Wessel yang berpangkat SA-Sturmführer (9 Oktober 1907 pada tanggal 23 Februari 1930), yang tewas dalam peperangan di jalan sebelum Hitler memperoleh kekuasaan. Horst Wessel Lied adalah mars dan semangat dari NSDAP (Partai Nazi Jerman).


Izin untuk membentuk divisi itu dikeluarkan pada Januari 1944, tetapi pembentukan dimulai pada musim semi 1944. Staf berasal dari Brigade (mot.) Infanteri SS ke-1. Personil yang sebagian besar terdiri dari Volksdeutsches Hungaria. Awalnya dewan utama SS telah merencanakan untuk membentuk divisi dari relawan SA, namun rencana ini tidak berhasil, mereka memutuskan untuk mempertahankan nama tersebut. Divisi Nord SS Stu. G. menjadi inti dari Panzer SS ke-18 Abteilung. Beberapa unit divisi berada di Zagreb, Celje dan Batscha, yang lain dari bulan Maret sampai April 1944 di Hungaria. Dari bulan Juli sampai Oktober 1944 pembagian divisi dilatih di Hungaria dan waktu yang sama mereka berpartisipasi dalam operasi anti-partisan. Kampfgruppe Schäfer dan resimen SS ke-40 memiliki pertempuran sengit dengan Tentara Merah (Russian Red Army) pada bulan Juli 1944 di Lvov dan pada Agustus 1944 mereka berjuang di daerah Sanok dengan unit ke-1 SS Sturmbrigade Frankreich. Subunit lainnya masih dalam Batscha dan pada November 1944 dikirim ke Slovakia. Dari bulan November sampai Desember 1944 mereka berpartisipasi dalam pertempuran yang sangat sulit dekat Budapest dan bergabung dengan Kampfgruppe Schäfer. Pada bulan Januari 1945 divisi berjuang dekat Budapest dari mana mereka pindah ke Slovakia pada Februari 1945.



Horst Wessel yang berpangkat SA-Sturmführer




Dari bulan Februari sampai Maret 1945 mereka memiliki pertempuran sengit di Silesia, di mana di daerah Leobschütz-Jägerndorf dengan kekuatan divisi 9.000 pria. Pada bulan April 1945 mereka berjuang di Ceko dan sebagian besar divisi itu hancur Mei 1945 di bawah Hirschberg.






Lambang
:

Horst Wessel Cuffband; rahasia simbol SS pada patch kerah.

5 orang dari divisi ini menerima Ritterkreuz Salib Besi

Divisi Pemimpin:

SS-Oberführer Agustus Wilhelm Trabandt
SS-Standartenführer Josef Fitzthum
SS-Brigadeführer Georg Bochmann
SS-Standartenführer Heinrich Petersen


(tams/eestileegion)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar