Senin, 12 November 2012

SOSIAL - Rajin nge'Retweet' Tetapi Malas Baca Kontennya


twitter logo
Kebumen, LP - Sebuah penelitian mencatat bahwa pengguna Twitter hanya rajin melakukan retweet sebuah tweet yang dianggap menarik, tetapi mereka tidak mengklik, atau membaca isi tautan yang dibagikan melalui tweet tersebut.

Tingkah laku ini diteliti oleh peneliti media sosial Dan Zarrella dari HubSpot, yang melakukan survei guna mengetahui perilaku pengguna Twitter, dengan menganalisa 2,7 juta tweet yang ada di linimassa (timeline) Twitter. Ia hendak mengetahui hubungan retweet dan klik tautan dalam sebuah tweet.

Hasilnya, Zarrella menemukan bahwa banyak orang melakukan retweet tanpa mengklik dan membaca isi tautan yang ada. Ini berarti, tak ada hubungan signifikan antara retweet yang banyak dengan jumlah klik.

Sebanyak 14,64% tweet yang di-retweet, tidak mendapat klik sama sekali. Kemudian, 16,12% tweet di linimassa Twitter mendapat lebih banyak retweet dibandingkan klik.

Tweet yang menyapa akun lain atau mengandung simbol "@" mendapat lebih banyak klik. Tapi, konten dengan simbol "@" ini tidak mendapat banyak retweet.

Sementara tweet yang menyebut kata "Retweet" lebih banyak mendapat retweet lagi dari pengguna lain, namun tidak meraih banyak klik.

Untuk lebih jelas, Dan Zarrella dan HubSpot membuat infografis hasil penelitian yang dirilis pada 9 November 2012. Infografis bisa dilihat di bawah ini.



(tams/KG/hubspot)

2 komentar:

  1. Sebelum kesini, baru dari salingsilang[dot]com, postingannya sama. :)

    BalasHapus
  2. salingsilang juga sama2 rewritten. Kalo saya juag ambil dari bebrapa sumber. Bisa anda lihat sendiri

    BalasHapus