Selasa, 04 Juni 2013

SEJARAH - "Little Willie" Asal Mula Ditemukan Tank Tempur

Little Wille (historywiz)





Agar proyek pembangunan tank itu tidak diketahui musuh, para teknisi yang bertanggung jawab membangun Little Willie diperintahkan untuk mengatakan ke publik bahwa mereka hanya membangun kendaraan untuk mengangkut air ke medan perang. Kendaraan itupun diberikan label bertulisan "Tank" (tanki air).....

Jakarta, LP - Pada 6 September 1915, muncul prototipe kendaraan lapis baja di Inggris yang bernama Little Willie. Kendaraan lapis baja yang berbobot 14 ton yang mudah terjebak di parit dan memiliki kecepatan hanya dua mil per jam.

Dalam sejarahnya, Inggris membangun tank itu untuk berperang di Perang Dunia I. Ide pembangunan kendaraan lapis baja itu tidak luput dari pernanan seorang kolonel bernama Ernest Swinton dan William Hankey.

Swinton dan Hankey memiliki ide, Inggris harus berjuang untuk menerobos garis pertahanan musuh, dan menjelajahi wilayahnya di jalur darat. Setelah mereka mengutarakan idenya ke Menteri Angkatan Laut Winston Churchill mereka pun mulai membangun prototipe ini.

Agar proyek pembangunan tank itu tidak diketahui musuh, para teknisi yang bertanggung jawab membangun Little Willie diperintahkan untuk mengatakan ke publik bahwa mereka hanya membangun kendaraan untuk mengangkut air ke medan perang. Kendaraan itupun diberikan label bertulisan "Tank" (tanki air). Demikian dilansir dari History.com, Jumat (19/4/2013).

Gerakan Little Willie di medan tempur dinilai sangat lamban. Kendaraan lapis baja itu juga mudah panas dan tidak mampu menyeberangi parit.

Hingga pada akhirnya Inggris memutuskan untuk membangun Big Willie pada 1916. Prototipe kedua ini dinyatakan lebih siap tempur daripada pendahulunya Little Willie. Big Willie bergabung dalam pertempuran pertamanya di dekat Courcelette, Prancis pada 15 September 1915.

Namun sisi kelemahannya, Big Willie keluaran pertama juga memiliki mesin yang cepat panas, berisik, dan sangat berat. Kendaraan itu cepat mengalami kerusakan saat berada di medan perang.

Meski demikian, lama kelamaan militer pun makin sadar akan pentingnya kehadiran tank di medan perang. Tank pun menjadi instrumen perang yang sangat penting di era Perang Dunia II. (History.com/tams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar