Sabtu, 28 Januari 2012

SEJARAH -- 2nd Waffen ϞϞ Panzer SS Division Das Reich

Jakarta, LP - Pada Oktober 1939 divisi SS-Verfügungstruppe dibentuk, yang bersemangat dalam partisipasinya di pertempuran ketika Kampanye Polandia dimulai pada tanggal 1 September 1939. SS-VT resimen Deutschland, resimen artileri dan SS-batalyon pengintai bergabung dengan Brigade tank 4 milik Mayor Jenderal-Kempf itu, Jerman yang dikirim untuk beroperasi di bawah pasukan tank 14. Resimen Der Führer tidak sepenuhnya dilatih sehingga itu tidak mengambil bagian dalam pertempuran. Meskipun Germania menghabiskan sebagian besar kampanye empat minggu dalam cadangan itu, Deutschland resimen penuh semangat berpartisipasi dalam Pertempuran Brest. Divisi ini juga berpartisipasi dalam pertempuran dari Mei hingga Juni 1940 di Belanda, Belgia, Perancis dan dekat perbatasan Spanyol.

Pada Mei 1940, di awal sebuah serangan, resimen Der Führer dan LAH didistribusikan di perbatasan Belanda dan mereka bergerak dan menekan segala macam perlawanan, melalui Be
landa. Dari Belanda mereka menuju ke dalam pertempuran sengit di Perancis. Resimen Deutschland berdiri terutama di beberapa pertempuran yang terjadi saat mereka menyeberangi kanal. Pasukan sekutu dikepung sekitar Dunkerque.

Pada Desember 1940 resimen Deutschland telah dihapus dari pertempuran dan resimen memberikan stafnya ke Wiking 5 baru terbentuk Divisi Panzer SS. Untuk mengimbangi ketidakhadiran Germania, yang lain resimen tengkorak (Totenkopf) ditambahkan ke SS-VT.

Pada bulan Januari 1941, SS-VT ini berganti nama menjadi Divisi SS Das Reich. Sampai April 1941 divisi aktif di Perancis dan ke
mudian berpartisipasi dalam menginvasi Yugoslavia. Pada Mei 1941 divisi sedang dirombak ulang di Austria. Dari Juni-November divisi menyerang Rusia (di bawah Grup Tentara Mitte), di mana mereka berpartisipasi dalam pertempuran Smolensky, Priluk dan Moskow. Dari Desember 1941 sampai Maret 1942 mereka telah bertempur dibawah pertahanan bawah Istra, Russa dan Rzhev. Divisi ini menderita kerugian besar dan itu dikirim kembali ke Jerman, di mana mereka tinggal sampai bulan Juli 1942. Sampai Januari 1943 divisi aktif di Norteastern Perancis. Pada akhir Januari 1943 divisi terdiri dari 17.100 tentara elit muda.

(Orang Indonesia yang tergabung di 2nd ϞϞ Das Reich)


Dari bulan Februari sampai Maret 1943 divisi berpartisipasi dalam pertempuran sengit di Ukraina, di bawah Kharkov.
Sampai Juli 1943 mereka juga mengambil bagian dalam serangan Arc Kursk dekat Belgrad dan Prokhorovka. Dari Agustus hingga Desember 1943 mereka telah bertempur dengan keterbatasan pertahanan di Miussi, barat dari Kharkov, di bawah Dnepr, Kiev dan Zitomir. Pada Februari 1944 hanya Kampfgruppe Lammerding berpartisipasi dalam pertempuran. Yang selamat dari divisi dikirim untuk beristirahat dan melatih di Prancis. Dari bulan Juni sampai Agustus 1944 mereka berpartisipasi dalam pertempuran kasar di Coutances, St Lo Perey dan daerah Mortain.
Dengan September 1944 mereka mundur melalui Rouen dan St Vith sampai perbatasan Jerman. Sampai Desember 1944 mereka bertempur di dekat Schnee Eifel dan pada bulan Januari 1945 mereka telah bertempur di Ardennes. Dari sana divisi dibawa ke Hongaria pada bulan Februari 1945, di mana ia bertempur di Stühlweissenburg. Divisi ini berjuang dengan Tentara Merah pada tahun 1945 di Austria, sementara mereka melindungi Wina, dan Ceko. Pada April 7, 1945 divisi memiliki 1.498 pria dan 11 tank.

Divisi ini sebagian besar menyerah kepada pasukan AS pada tanggal 8 Mei 1945. Divisi ini juga disebut sebagai Niederlande Kampfgruppe (NK) yang sebagian divisinya diterjunkan ke Indonesia dan merekrut orang Indonesia. NK ditugasi untuk memburu Yahudi yang ada di Asia.



Lambang:

Cuffband "Das Reich" (September 1943); nama resimen Deutschland, Der Führer pertama dengan huruf gothic, kemudian dengan surat biasa; Germania (sampai November 1940) dalam huruf gothic, yang sama untuk Langemarck; simbol rahasia "SS" pada patch kerah .

73 orang dari divisi ini menerima Ritterkreuz Salib Besi.

Pemimpin Divisi:

SS-Obergruppenführer Paul Hausser (sampai Oktober 1941)
SS-Brigadeführer Wilhelm Bittrich (sampai Desember 1941)
SS-Brigadeführer Matthias Kleinheisterkamp (sampai April 1942)
SS-Gruppenführer Georg Keppler (sampai Februari 1943)
SS-Brigadeführer Herbert-Ernst Vahl
SS-Standartenführer Kurt Brasack
SS-Brigadeführer Walter Kruger
SS-Brigadeführer Heinz Lammerding (Desember 1943 sampai Juli 1944; Desember 1944 sampai Januari 1945)
SS-Standartenführer Kristen Tyschen
SS-Standartenführer Otto Baum
SS-Brigadeführer Werner Ostendorf
SS-Standartenführer Rudolf Lehmann
SS-Standartenführer Kreutz Karl

(tams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar