Jumat, 23 Januari 2015

SEJARAH - Foto Ekspresi Relawan Asia (Osttruppen) Dalam Tubuh Nazi Jerman

Jakarta, LP - Banyak yang menyangka seluruh tentara Nazi Jerman pasti memeliki mata biru, blonde, hidung mancung dan yang pasti berwajah ke-Eropaan (arya). Tapi inilah wajah tentara Jerman Reich yang orang bilang rasis, tetapi faktanya multi-rasialisme:
Wajah Asia Timur yang menggunakan seragam Heer Wehrmacht Jerman. (WWIIArchives)
Wajah-wajah Asia timur yang menggunakan seragam Wehrmacht Jerman, jika kita lihat foto ini ada kemungkinan ini terjadi di Normandia saat mereka tertangkap oleh sekutu. (axishistory)
Pria di sebelah kiri merupakan relawan (freiwilligen) dalam tubuh Heer Wehrmacht Jerman. Bersama teman Eropanya dia sedang diinterograsi tentara sekutu di Normandia. (corbis)
Dilihat dari wajah dan seragam, kemungkinan ini relawan dari Turki dan sekitaran Kaukasus 'Osttruppen'. (axishistory)
Wajah-wajah Tibet menjadi bagian PD II dalam tubuh Nazi Jerman (axishistory)
Wajah Asia Timur yang menggunakan seragam Heer Wehrmacht Jerman. (axishistory)
Relawan asing Heer Wehrmacht dari Thailand bernama Wicha Thitawat
Kenangan Wicha Thitawat diterbitkan pada tahun 1948, diterbitkan dengan perubahan dalam 50-an dan 70-an dan baru-baru ini ditemukan kembali oleh masyarakat umum. Khon Thay nay kong thap nasi - kisah orang Thailand di tentara Nazi - adalah buku ganda menarik: OrangThailand terjebak dalam perang Eropa dan menyinggung banyak kepastian tentang posisi negara ini selama Perang Dunia Kedua. Thailand bersekutu dengan Jepang selama perang, fakta tak diragukan, dan dipandang rendah oleh sebagian besar historiografi korektif dibuat pada periode sesudah Perang Dunia II. Fasisme Thailand berkuasa ketika perang pecah dan mengambil keuntungan dari runtuhnya tiba-tiba metropolitan Perancis. Setelah gencatan senjata 1940, harta Perancis di Indochina menjadi subyek peningkatan klaim nasionalis Bangkok. Rezim Marsekal Phibun Songkhram menuntut kembalinya wilayah yang terintegrasi dalam protektorat Perancis Laos dan Kamboja, sebelumnya milik Sion. Antara Oktober 1940 dan Mei 1941, Thailand telah mengembangkan perang perbatasan yang intens melawan tentara kolonial Perancis, namun gagal mencapai tujuannya. Mediasi konflik itu dikenakan pada kedua belah pihak Jepang, yang telah didirikan di Indocina. Vichy Perancis menerima pendudukan de facto dari Vietnam dan meminta dukungan kepada Jepang untuk menenangkan serangan Thailand.






(tams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar