Jumat, 23 Januari 2015

SEJARAH - Legiun Relawan Asing Nazi Dari Turki (Turkistanische Legion)




Lambang Badge Divisi Waffen-SS & Wehrmacht untuk divisi Turkistanische Legion (gunturk)

Jakarta, LP - Legiun Turkistan (Jerman: Turkistanische Legion) adalah nama untuk unit militer terdiri dari "freiwillige" (relawan). Bangsa Turki yang berjuang di Angkatan Darat Jerman selama Perang Dunia II. Sebagian besar pasukan ini berasal dari tawanan perang Tentara Merah Rusia, yang memilih untuk berjuang untuk Nazi dengan harapan mendirikan sebuah negara merdeka di Asia Tengah setelah perang.

Batalyon dari Legiun Turkistani merupakan bagian dari Divisi Infanteri 162 dan pernah berperang di Yugoslavia dan Italia.

Meskipun orang-orang Turki telah dianggap awalnya sebagai "ras rendah", sikap ini secara resmi sudah berubah di musim gugur 1941. Ketika Nazi berusaha untuk memanfaatkan sentimen anti-Rusia pada Bangsa Turkistan di Rusia untuk kepentingan politik. Yang pertama "Legiun Turkistan" dimobilisasi pada Mei 1942, awalnya terdiri dari hanya satu batalyon tetapi telah diperluas untuk 16 batalyon dan 16.000 tentara di tahun 1943. Di bawah perintah Wehrmacht (Angkatan Bersenjata Jerman), unit-unit ini dikerahkan secara eksklusif di bagian depan Barat, mengisolasi mereka dari Tentara Merah, di front perang Perancis dan Italia utara.

Sebagian besar Legiun Turkistan akhirnya dipenjarakan oleh pasukan Inggris dan dipulangkan ke Rusia, di mana mereka akan menghadapi kamp Gulag atau hukuman penjara dari pemerintah Soviet karena telah berperang bersama pasukan Axis.

Baymirza Hayit, orang terkemuka Turki yang pernah bergabung di Ober Kommando Der wehrmacht Jerman. (aksiyon)


Anggota terkemuka dari legiun termasuk Baymirza Hayit, yang setelah perang, menetap di Jerman Barat dan menjadi sejarawan sejarah Asia Tengah dan Turkistan


ALBUM DIVISI TURKISTANISCHE LEGION

Relawan Turkistani menerima instruksi dari perwira Jerman (Perancis, 1944). (Bundesarchiv)

Inspeksi tentara Legiun Turkistan oleh seorang perwira Jerman berpangkat Hauptmann (Kapten). (Bundesarchiv)





Relawan Legiun Turkistan di Perancis:

Relawan Turkistan bermain kartu dengan perwira Jerman:

Seorang relawan Turkistan di front timur Rusia dalam operasi anti-partisan:


Relawan Turkistan bermain catur dengan perwira Jerman:
(tams/ berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar