Jumat, 24 Desember 2010

MUSIC >> Radiohead, Dari Tema Keterasingan Modern Hingga Sentuhan Gitar Sang Instrumentalis

arrumtamsQ - Sebuah sejarah dari band rock alternatif Inggris dari Abingdon, Oxfordshire, yang dibentuk pada tahun 1985, yang digawangi Thom Yorke (vokal, rhythm guitar, piano, ketukan), Jonny Greenwood (lead guitar, keyboard, instrumen lain), Ed O'Brien (gitar, vocals), Colin Greenwood (bass guitar, synthesizers) dan phil Selway (drum, perkusi) dan menyatu dalam Radiohead.

Rilis single pertama mereka, "Creep", pada tahun 1992. Lagu yang pada awalnya berhasil dengan menjadi hit di seluruh dunia hingga beberapa bulan setelah peluncuran album debut mereka, Pablo Honey (1993). Ketenaran Radiohead naik di Inggris Raya dengan merilis album kedua mereka, The Bends (1995), album ketiga Radiohead, OK Computer (1997), mendorong mereka untuk ketenaran internasional yang lebih besar. Radiohead yang sering mengusung penampilan suara yang luas dan tema-tema keterasingan modern, seperti di albumnya "OK Computer" yang menjadi sejarah tersendiri di tahun 1990-an

Radiohead memulai evolusinya sejak album Kid A (2000) dan Amnesiac (2001) yang ditandai dengan gaya musik Radiohead sebagai kelompok musik elektronik eksperimenta, Krautrock, post-punk dan jazz. Hail to the Thief (2003),
sebuah campuran yang didorong distorsi gitar rock yang menyayat otak, elektronik dan lirik terinspirasi oleh perang, adalah album terakhir band utama bagi perusahaan rekaman EMI Records. Band yang sudah merilis enam album, telah menjual lebih dari dua puluh lima juta kopi pada tahun 2007. Radiohead secara independen merilis album ketujuh mereka, In Rainbows (2007) yang juga mendulang sukses.

Formasi dan Tahun Pertama(1985–1991)

Sejarah pertemuan personil Radiohead saat menghadiri Abingdon School, di Abingdon, Oxfordshire. Thom Yorke dan Colin Greenwood berada di tahun yang sama, Ed O'Brien dan Phil Selway satu tahun lebih tua dan Jonny Greenwood dua tahun lebih muda dari kakaknya, Colin. Pada tahun 1985 mereka membentuk band "On a Friday" yang menjadi embrio dari Radiohead, nama yang mengacu pada latihan yang biasa dilakukan pada hari jumat di ruang musik sekolah. Grup yang memainkan pertunjukan pertama mereka pada akhir 1986 di Oxford's Jericho Tavern; Jonny Greenwood awalnya bergabung sebagai pemain harmonika dan kemudian menjadi pemain keyboard, hingga akhirnya menjadi gitaris.

Meskipun Yorke, O'Brien, Selway, dan Colin Greenwood lulus dari Abingdon pada tahun 1987, band ini terus sering berlatih di akhir pekan dan hari libur. Pada tahun 1991, ketika semua anggota kecuali Jonny telah menyelesaikan gelar universitas, berkumpul kembali pada hari Jumat, mulai merekam demo seperti Manic Hedgehog, dan melakukan konser atau pertunjukan di sekeliling Oxford. Oxfordshire dan Thames Valley adalah pelaku indie yang aktif sejak akhir tahun 1980-an, semuanya berpusat di sekitar shoegazing band seperti Ride dan Slowdive. Namun 'On Friday' tidak sesuai dengan tren pada saat itu, banyak yang berkomentar bahwa mereka telah ketinggalan tren bermusik pada saat mereka lulus dari universitas.

Colin Greenwood


Hingga akhirnya pertunjukan live 'On Friday' mulai sering digelar, perusahaan rekaman dan produsen akhirnya tertarik. Chris Hufford, Sl
owdive produser dan pemilik Oxford's Courtyard Studios, menghadiri konser 'On Friday' tersebut di Tavern Yerikho. Terkesan dengan penampilan band, ia dan mitranya Bryce Edge membuat sebuah demo rekaman dan menjadi manajer, dan hingga saat ini Bryce masih menjadi manajer Radiohead.

Setelah kesempatan pertemuan antara Colin Greenwood dan EMI yang diwakili oleh Keith Wozencroft di tempat rekaman di mana Greenwood bekerja, band ini menandatangani enam kontrak rekaman album dengan label pada akhir 1991. Atas permintaan EMI, band ini mengubah nama mereka menjadi Radiohead.

Ed O'Brien







Phil Selway





Gitar Dan Instrumentalis


Radiohead terkenal dengan sentuhan gitaris Jonny Greenwood yang terkadang menyajikan permainan suara yang unik dengan distorsi menggelitik. Greenwood mulai belajar di Oxford Brookes University ketika pendahulu Radiohead Pada Jumat menandatangani kontrak rekaman dengan EMI pada tahun 1991. Dia meninggalkan universitas sesaat setelah itu. Sementara Greenwood adalah satu-satunya anggota Radiohead telah terlatih secara klasik pada instrumen apapun (ia mengambil pelajaran biola sebagai seorang anak didik).

Jonny Greenwood


Gitaris yang memiliki nama asli Jonathan Richard Guy Greenwood
adalah multi-instrumentalis, tetapi memiliki tugas sebagai lead gitaris dan pemain keyboard. Selain gitar dan keyboard, dia bermain biola, xylophone, glockenspiel, Ondes Martenot, banjo, harmonika dan drum. Dia juga memiliki kejelian elektronik pada Radiohead, bekerja pada suara yang dihasilkan komputer dan sampling. Dia menulis soundtrack dari film Bodysong, There Will Be Blood, dan Norwegia Wood serta melayani sebagai "komponis" untuk BBC Concert Orchestra. Dia adalah adik dari anggota Radiohead, Colin Greenwood. (tams/wikipedia)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar