Sabtu, 07 April 2012

TRAVELA - Ambarawa Akan Jadi Museum KA Terbesar di Asia

Jakarta, LP - Museum kereta api (KA) Ambarawa sekarang sedang direnovasi dan diharapkan menjadi museum KA terbesar di Asia Tenggara bahkan se-Asia, Kepala Bangunan Non Balai Konservasi Bersejarah PT KAI, Trenggono Adi, mengatakan. Ambarawa direncanakan menjadi museum kereta api terbesar karena memiliki banyak kereta api dan lokomotif sejak jaman penjajahan Belanda. Daerah ini juga cukup luas. "PT. KAI memiliki keprihatinan atas warisan dan sejarah sesuai amanat hukum Warisan Budaya," katanya.

Antara/R Rekotomo





Renovasi
dan koleksi benda-benda warisan budaya sedang digarap dan berharap akan selesai pada tahun 2013. Museum Ambarawa hanya tempat penyimpanan, termasuk koleksi lokomotif uap. Ambarawa juga dikenal sebagai pusat militer dan perkebunan.

"Kita dapat mendorong para pemuda dengan memberikan mereka beberapa informasi sejarah. Pusat Konservasi Obyek dan Sejarah juga mencoba untuk meramaikan lokomotif uap. Hanya ada empat di Indonesia, dua dari mereka berada di Ambarawa, satu di Sawahlunto, dan satu di Solo, "tambah Adi. (tams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar