Senin, 18 Juni 2012

INTERNASIONAL - Restoran Masakan Indonesia 'Nyelip' di Gang Negara Polandia

Jakarta, LP – Sebelum memasuki kawasan kota tua Poznan, di salah satu gang jalan yang cukup lebar, Anda akan menemukan sebuah restoran bercita rasa asli Indonesia. Restoran itu dinamakan Warung Bali. Awal melihat tempat ini, Tribun mengira ini adalah cabang dari Bali Cafe yang ada di ibukota Warsawa.

(tribun)

Ternyata bukan. Sama-sama menggunakan nama Bali, tapi dua rumah makan yang merepresentasikan masakan khas Indonesia di Polandia itu sangat berbeda. Sandy, koki Warung Bali yang ada di Poznan menjelaskan perbedaan tersebut.

"Bali Cafe yang ada di Warsawa menunya sudah bercampur dengan cita rasa masakan Eropa. Jika kami yang ada di sini, murni masakan khas Indonesia. Itu perbedaan yang mendasar. Pemilik restoran ini juga tidak sama, bahkan mungkin tidak kenal," kata Sandy dikutip dari Tribun.

Sandy yang berasal dari Bandung, Jawa Barat, menjelaskan bahwa Warung Bali yang ada di Poznan didirikan oleh orang asli Polandia bernama Kuba, empat tahun lalu. Kuba tertarik mendirikan Warung Bali setelah hanya tiga bulan melancong ke Indonesia.

Penasaran tentang keaslian masakan Indonesia yang ada di Warung Bali, Tribun lalu melihat menu yang disajikan. Benar saja, di Warung Bali semua menunya khas Indonesia tanpa satupun terkontaminasi dengan cita rasa Eropa.

Di sini bisa ditemukan nasi campur Bali, sate kambing, soto Betawi, ayam semur, mie kuah dan goreng, dan banyak lagi masakan-maskan khas Indonesia. "Beberapa rempah-rempah dan bumbunya kami datangkan langsung dari Indonesia, sebagian lagi kiriman dari Jerman," kata Sandy.

Interior Warung Bali sangat khas Indonesia. Di dalamnya ada lukisan-lukisan berbau budaya Bali dengan memadukan ornamen Jawa dan Sunda. Alunan musik sayup-sayup khas Sunda membawa perasaan kembali berada di Indonesia. (tams/tribun)

2 komentar: