Jumat, 08 Juni 2012

SEJARAH - SS-Brigadeführer (Brigadir Jenderal) Wilhelm Mohnke

Wilhelm Mohnke lahir di Lübeck, Jerman, pada tanggal 15 Maret 1911. Ayahnya adalah seorang pembuat lemari. Setelah ayahnya meninggal, Mohnke pergi bekerja di pabrik gelas dan porselin, di mana akhirnya mendapat posisi terdepan dalam usahanya. Mohnke bergabung NSDAP (Partai Nazi) pada tanggal 1 September 1931, dan bergabung di SS dua bulan kemudian. Dia diangkat ke Lübeck Standarte ke-4 di mana ia menjabat sampai Januari 1932. Dia kemudian dipindahkan ke unit yang sama dengan bersama Kurt Meyer, divisi 22 SS-Standarte di Schwerin. Pada tanggal 17 Maret Sepp Dietrich memilih Mohnke untuk menjadi bagian dari Garda Markas Berlin SS baru yang direformasi bersama dengan 117 laki-laki lain. Ini adalah kehormatan besar karena kompetisi untuk unit ini sangat besar. Elit militer satuan Leibstandarte Adolf Hitler tumbuh dari satuan pengawal markas ini. Selama Kampanye Polandia Mohnke memimpin 5 divisi LAH itu. Pada tanggal 21 September dia dianugerahi salib Iron Cross kelas 2, dan hanya sebulan kemudian, pada tanggal 8 November, ia menerima salib Iron Cross kelas 1.

Mohnke juga memimpin perusahaan selama 5 Kampanye di Barat dan pada tanggal 28 Maret setelah pemimpin batalion yang terluka, ia mengambil alih batalyon 2. Tentang waktu yang sama Mohnke dituduh membunuh 80 tawanan perang Inggris dari Divisi ke-48 di Wormhoudt. Mohnke tidak dibawa di pengadilan dengan tuduhan ini dan ketika kasus itu diangkat kembali pada tahun 1988, jaksa penuntut umum di Jerman menemukan bahwa tidak ada cukup bukti untuk mengajukan tuntutan. Empat tahun kemudian nama Mohnke itu lagi-lagi berhubungan dengan kejahatan perang. Kali ini divisi pertama SS Panzer Division Leibstandarte Adolf Hitler dituduh melakukan pembunuhan massal diMalmedy. Mohnke juga sedang dituduh membunuh dari 35 tahanan perang Kanada oleh anggota Hitlerjugend di Fountenay le Pensel. Namun, tuduhan ini tidak memiliki cukup bukti.


Dia memimpin batalion kedua di Kampanye Balkan di mana pada 6 April 1941 kakinya luka serius dalam serangan udara di Yugoslavia. Petugas medis memutuskan untuk mengamputasi kaki, tapi Mohnke membatalkan keputusan ini. Namun demikian, lukanya sangat serius sehingga mereka terpaksa mengamputasi kaki. Selama masa pemulihan ia diberi Salib Emas Palang Jerman pada tanggal 26 Desember 1941. Karena keseriusan cedera, Mohnke tidak kembali
ke layanan sebelum awal 1942. Mohnke datang dengan ide untuk membentuk Panzerabeitlung LSSAH. Ralf Tiemann menjadi ajudan Mohnke dan penugasan resmi pertama adalah mencari pria untuk unit ini. Tiemann bertugas menyusun daftar yang akhirnya termasuk nama cukup untuk membentuk dua unit baru. Waktu yang sama seperti Dietrich Sepp baru menikah memperkenalkan istrinya, Mohnke memperlihatkan daftar yang telah berubah menjadi daftar transfer. Dietrich cukup terganggu pada saat itu dan dia akhirnya menyerah pada tekanan Mohnke dan menandatangani surat-surat. Dengan cara ini Leibstandarte Adolf Hitler Panzerwaffe seharusnya lahir. Karena perkembangan cepat perang ini tidak terjadi. Mohnke dipindahkan ke batalyon pengganti pada tanggal 16 Maret 1942.

Ia menjabat di sana sampai Divisi 12 SS Panzer Division Hitlerjugend dibentuk. Dia kemudian memimpin resimen kedua SS-Panzergrenadier (nama mantan adalah SS-Panzergrenadier resimen 26, ini diubah pada 30 Oktober ketika nama divisi seluruh diubah menjadi Panzer Division). Resimen Panzergrenadier SS-26 bertanggung jawab atas serangan utama dalam serangan sekutu 'pada tanggal 10 Juni sampai 20. Akibatnya, Mohnke menerima Salib Ritterkreuz pada 11 Juli 1944.

Hal ini diikuti dengan memecah dari Falaise dan mundur dan Mohnke adalah salah satu dari sedikit yang memimpin perlawanan terorganisir di tepi sungai Barat Seine. Dia memimpin Unit serangannya hingga 31 Agustus ketika ia dikirim kembali ke LSSAH untuk menggantikan Theodor Wisch yangterluka. Dia menjadi pemimpin ketiga dari LSSAH tersebut.

Mohnke dipimpin LSSAH melalui Wacht am Rhein dan ia menjadi SS-Brigadeführer pada tanggal 30 Januari. SS-Brigadeführer Wilhelm Mohnke harus menyerahkan posisinya di LSSAH segera setelah itu, karena ia terluka selama serangan udara. Kali ini telinganya terluka. Setelah sembuh, Mohnke diangkat ke posisi Komandan penjaga kedutaan. Di sana ia membentuk Mohnke Kampfgruppe. Ini terdiri sembilan batalyon, termasuk sisa bagian dari Grenadier ke-33 Divisi Waffen der "Charlemagne".

Meskipun dengan resistensi berani, SS-Brigadeführer Mohnke ditangkap oleh Tentara Merah saat dia memimpin dengan selamat untuk keluar dari bunker. Dia dipenjarakan hanya sampai 1949 ketika ia dipindahkan ke penjara Woikowo. Ia ditahan di penjara sampai 10 Oktober 1955. Setelah dibebaskan ia bekerja sebagai salesman dari truk kecil dan trailer.

Penghargaan:
Iron Cross kelas 2: September 21, 1939
Iron Cross Kelas 1: November 8, 1939
Wound Badge (Hitam): 10 Februari 1940
Infantry Assault Badge: Oktober 3, 1940
War Merit Cross with Swords: 3 Okt 1940
Wound Badge (Silver): September 15, 1941
German Cross Gold: 26 Desember 1941
Knight Cross: 11 Juli 1944

Jabatan sejak: 28 Juni 1933
SS-Sturmhauptführer: 1 Okt 1933
SS-Sturmbannführer: September 1, 1940
SS-Obersturmbannführer: 21 Juni 1943
SS-Standartenführer: 21 Juni 1944
SS-Oberführer: November 4, 1944
SS-Brigadeführer: 30 Januari 1945

Terluka: 5 April, 1941; 17 Juli 1944
(tams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar