Kamis, 02 Februari 2012

SEJARAH - 4th Waffen SS Polizei Panzergrenadier

  • 7th SS-Panzergrenadier Regiment (from 1944)
  • 8th SS-Panzergrenadier Regiment
  • 4th SS-Panzer Abteilung



Jakarta, LP - Divisi ini dibentuk pada Oktober 1940 dari Ordungspolizei (polisi nasional Jerman) dan dari Allgemaine-SS cadangan (bukan bagian Waffen-SS). Mereka kurang terlatih dan memiliki perlengkapan perang minim dan harus bertempur di Polandia. Dari Mei hingga Juni 1940 mereka bertempur di Barat untuk waktu singkat. Pada Juni 1941 divisi berpartisipasi dalam menyerang Rusia dari Utara. Mereka melakukan tugas yang kurang memuaskan, tetapi mendapatkan pertempuran yang sukses di Sungai Volkhov dari Januari sampai Maret 1942 dan meningkatkan reputasi mereka. Divisi ini menjadi target Waffen-SS pada bulan Februari 1942. Pada Mei 1943 divisi bergerak melalui Bohemia dan Moravia ke Polandia, di mana mereka bertindak sebagai unit keamanan depan rumah. Di musim panas 1943 mereka dikirim untuk melawan para partisan di Yugoslavia dan pada bulan Maret 1944 divisi pindah ke Yunani, di mana ia memiliki tugas yang sama dan pertempuran brutal terutama terjadi di wilayah Larissa. Pada tahun 1944 mereka bertempur di seluruh Yunani, Yugoslavia dan Slovakia. Dari Januari 1945 divisi itu bertempur sengit di Stettin dan Danzig.

Pada Januari, 1942, secara resmi divisi ini bergabung dengan Waffen SS, dan namanya diubah menjadi Divisi Polizei SS. Semua sub-unit Divisi kemudian diganti sebagai SS seperti sekarang menjadi bagian dari Waffen SS itu sendiri.

Dari Januari sampai Maret, 1942, Divisi melihat aksi di sepanjang Sungai Wolchow dan membantu dalam pengepungan dan penghancuran Tentara Soviet Assault 2. Pada bulan Januari dan Februari, 1943, Divisi melihat aksi selatan Danau Ladoga selama sejumlah serangan Soviet, dengan Divisi mundur ke barat Kolpino mana diadakan.

Juga pada bulan Februari, 1943, Divisi ini digabung menjadi Kampfgruppe SS Polizei sementara bagian-bagian dari unit dipindahkan barat untuk melatih dan memperbarui ke Divisi Panzer Grenadier. Para Kampfgruppe SS Polizei dibubarkan Mei, 1944, setelah berperang di Front Timur sejak April, 1943.

Divisi itu sendiri direformasi sebagai Divisi Grenadier Polizei 4 SS, dan setelah pelatihan dan dibentuk, dikirim ke daerah Balkan. Pada Januari, 1945, Divisi didorong ke Slovakia, dan dari sana dipindahkan ke daerah Utara Pommerania untuk menahan Soviet kembali. Segera setelah, SS 4 dipindahkan ke Danzig mana ia terperangkap oleh pasukan Soviet. Setelah pertempuran yang mengerikan Divisi itu dikirim ke seluruh Semenanjung HeLa dan lebih dari laut ke Swinemude. Dari sana, Divisi beristirahat, dan kemudian pindah ke posisi sendiri untuk menyerah kepada Amerika dekat Wittenberge-Lenzen. Beberapa anggota yang tersisa dari divisi berpartisipasi dalam melindungi Berlin, yang lain mundur ke Barat dan menyerah kepada unit AS pada Mei 1945.

















Lambang:


Elang polisi simbol pada lengan (Februari-Desember 1942), cuffband SS-Polizei-Divisi, simbol polisi di patch kerah (sampai Februari 1942), kemudian simbol rahasia SS.

19 orang dari divisi ini menerima Ritterkreuz Salib Besi (Knight Cross).




Pemimpin
Divisi:

SS-Gruppenführer Karl von Pfeffer-Widenbruch (sampai November 1940)
SS-Obergruppenführer Arthur Mülverstedt
SS-Brigadeführer Walter Kruger
SS-Brigadeführer Alfred Wünnenberg
SS-Brigadeführer Herbert Ernst Vahl
SS-Brigadeführer Fritz Schmedes (Agustus-November 1944)
SS-Standartenführer Walter Harzer

(tams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar