Jumat, 17 Februari 2012

SEJARAH - Divisi ke-10 Panzer Frundsberg





  • 21st SS Panzergrenadier Regiment
  • 22nd SS Panzergrenadier Regiment
  • 10th SS Panzer Regiment Langemarck

Jakarta, LP - Divisi ke-10 Panzer Frundsberg (10th Div. Panzer Frundsberg), merupakan divisi yang namanya berasal dari ayah Landsknecht Jerman dan pemimpin yang bernama Feldhauptmann Georg von Frundsberg (1473-1528). Nama mantan divisi adalah Karl der Grosse.


Divisi ini dibentuk hampir sama dengan divisi ke-9 SS-

Hohenstaufen, sebelum 1943. Divisi yang direkrut dari pemuda Jerman yang berumur 18-tahun untuk menjadi tentara SS dan menerima pelatihan di Prancis selama tahun 1943. Setelah menyelesaikan pelatihan, mereka dikirim ke Rusia di bulan Maret 1944, dimana pada bulan April itu mereka berpartisipasi dalam pertempuran di bawah Tarnopol. Pada bulan Juni

1944 mereka segera kembali ke Normandia, Perancis, di mana pendaratan sekutu tiba dan mengalami pembagian tugas. Mereka harus menghadapi pertempuran sengit sampai April 1944 di Caen, Avranches dan Falaise. Setelah itu mereka mundur melalui Belgia sampai September ke daerah Arnhem, di mana mereka bertemu dengan unit angkatan udara Inggris yang mendarat di sana.

SS-Gruppenführer Karl Fischer von Treuenfeld (sampai Mei 1945)







Bersama dengan Divisi SS ke-9 mereka berhasil menghancurkan unit Inggris. Upaya sekutu menjadi fatal bagi ribuan orang-orangnya, yang terjun dari parasut dan harus berhadapan dengan dua Divisi SS ini. Divisi SS ke-10 juga menderita kerugian dalam pertempuran dan selanjutnya memperbaiki angkatannya, tapi musuh terus bergerak tanpa menunggu lama dan pada November 1944 ada pertempuran baru di dekat Aachen. Dari Januari sampai Februari 1945 mereka berjuang di hutan Hagenauer dekat hulu Sungai Rhine dan di Strasbourg. Mereka bergerak maju bulan Februari sampai Maret 1945 menuju ke Pomerania, di mana mereka memiliki pertempuran sengit di daerah Stettin, Stargard dan Fürstenwalde. Divisi ini memiliki 15.000 pria dan 49 tank dan menyerah kepada Tentara Merah di Schönau Mei 1945.



Lambang:


Cuffband Frundsberg, rahasia simbol SS pada patch kerah.

13 orang dari divisi ini menerima Ritterkreuz Salib Besi (Knight Cross).




Divisi Pemimpin:

SS-Standartenführer Michael Lippert
SS-Brigadeführer Lothar Debes (sampai November 1943)
SS-Gruppenführer Karl Fischer von Treuenfeld (sampai Mei 1945)
SS-Brigadeführer Heinz Harmel


(tams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar