Minggu, 19 Februari 2012

SEJARAH - Divisi Ke-15 Waffen SS Grenadier Divisi Pertama Latvian




SS-Obergruppenführer Karl von Pfeffer-Wildenbruch


SS-Brigadeführer Peter Hansen




  • 32nd Waffen Grenadier Regiment of the SS
  • 33rd Waffen Grenadier Regiment of the SS
  • 34th Waffen Grenadier Regiment of the SS

Jakarta, LP - Divisi Ke-15 Waffen SS Grenadier Divisi Pertama Latvian (15th Waffen Grenadier Division Of The SS [1st Latvian]) adalah divisi SS yang berasal dari Latvia.
    • Izin pembentuk divisi tersebut telah diterima pada tanggal 26 Februari1943 dan pelatihan berlangsung di Latvia. Pada Januari 1944 divisi itu dikirim ke garis Velikaya, di mana Divisi Latvia 19 SS telah berhasil menghentikan Tentara Merah (Russian Red Army) menyerang dan dengan demikian menstabilkan situasi yang sulit. Dari kedua divisi Latvia tersebut Korps Sukarelawan ke-4 SS Latvia dibentuk dan pemimpinnya adalah SS-Obergruppenführer Karl von Pfeffer-Wildenbruch.

                  Pada bulan Juli 1944, Korps mundur ke perbatasan Latvia. Dari Juli hingga Agustus mereka harus bertempur mati-matian dekat Lubana dan mereka mundur dari serangan Tentara Merah ke lembah

                  Sungai Gauja di tengah Latvia. Divisi ini telah menderita kerugian besar dan dikirim melalui bagian barat Perancis untuk diformat ulang di Courland, sementara unit meriam diberikan kepada Divisi SS ke-19. Pada akhir tahun 1944 Divisi SS ke-15 kembali dikirim ke pertempuran, kali ini untuk pertempuran di Pomerania di Prusia dan Mecklenburg. Sekitar 3.000 pria Latvia terjebak dan terkepung di Danzig. Pada 22 Januari 1945 divisi itu dikirim ke pertempuran di daerah Nakel. Divisi, yang telah menderita kerugian besar dan mengirim orang untuk melengkapi Divisi SS ke-19 di Courland, menyerah kepada pasukan Inggris di daerah Schwerin dan pasukan AS dekat Elbe pada bulan April 1945. Namun, Divisi Batalyon Füsilier 15 kembali bertempur di Berlin di Unter den Linden di bawah komando Obersturmführer Neilands dan melindungi Reichluftfahrministerium (Departemen Angkatan Udara Jerman) dengan 80 pria dan menyerah kepada Tentara Merah di Mei 1945.

Dengan kapitulasi Schwerin, 2.500 pria dan seluruh 14.000 tentara Latvia dibawa ke penjara perang oleh Inggris.




5 orang dari divisi ini menerima Ritterkreuz Salib Besi.

Lambang:

Pada awalnya patch ke
rah hitam, maka simbol-simbol rahasia SS dan kemudian tiga bintang dikelilingi oleh percikan matahari.
Divisi Pemimpin:
SS-Brigadeführer Peter Hansen
SS-Brigadeführer Graf Carl von Puckler-Burghaus
SS-Oberführer Nikolaus Heilmann
SS-Oberführer Herbert von Obwurzer
SS-Oberführer Dokter Eduard Deisenhofer
SS-Oberführer Adolf Ax
SS-Oberführer Karl Burk
(tams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar