Selasa, 16 November 2010

METROPOLITAN: 11 Kambing Untuk Anggota Dewan Plus "Uang Kecap"

arrumtamsQ, Bogor (16/11) - Hari Raya Idul Adha tak hanya membawa berkah bagi rakyat miskin serta tujuh golongan lain yang berhak menerima daging kurban. Para wakil rakyat di Bogor pun ikut kecipratan. Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memutuskan memberikan bantuan 11 ekor kambing untuk setiap anggota DPRD setempat. Jatah tersebut diperuntukan untuk 50 anggota dewan. Penerimaan kambing tersebut dibenarkan anggota DPRD dari Fraksi PDIP Suprijanto.



Kambing Kurban (Foto: Ullifna Tamama)
Menurutnya hewan kurban tersebut diperuntukan bagi anggota dewan namun mereka hanya bertindak selaku fasilitator untuk menyalurkan hewan kurban ke sejumlah daerah pemilihan masing-masing. “Hewan kurban itu bukan untuk kami, kami hanya diminta untuk menyalurkannya ke masyarakat," ujarnya kepada wartawan di Bogor, Rabu (16/11).
Hal senada dikatakan Wakil Ketua DPRD Dadeng Wahyudi. "Malahan saya akan dapat 11 kambing," ujar politisi PKS itu. Bupati Bogor Rachmat Yasin mengatakan, hewan kurban tersebut tidak diperuntukkan bagi para anggota dewan, melainkan konstituen mereka. Dalam kaitan ini, anggota dewan hanya bertindak membantu pemerintah menyalurkannya secara merata kepada masyarakat yang membutuhkan. Dia mengakui ada dana alokasi khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan kurban.
Namun, hal tersebut belum dapat dipastikan rinciannya. Tidak hanya kambing kurban, setiap anggota dewan dikabarkan mendapatkan “uang kecap” sebesar Rp3 juta. Uang tersebut disawer kepada 50 anggota dewan setiap Idul Adha. (tams/ Okz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar