Rabu, 24 November 2010

NASIONAL >> Barang Ilegal : Indonesia Diserang Barang Selundupan

arrumtamsQ, Jakarta (24/11) - Indonesia saat ini dikepung oleh para penyelundup. Hampir semua jenis penyelundupan ada di Indonesia, mulai dari penyelundupan kayu-kayu ilegal yang merusak hutan alam hingga penyelundupan bahan bakar minyak atau BBM.

Ilustrasi ( matanews/ Asep. F)


"Indonesia diserang oleh semua jenis barang selundupan," ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo di Jakarta, Rabu (24/11) usai menjadi Pembicara Utama dalam seminar Prospek Ekonomi Indonesia tahun 2011 yang diselenggarakan oleh Ikatan Bankir Indonesia (IBI).

Menurut Agus, para penyelundup pada dasarnya memanfaatkan kebijakan-kebijakan pemerintah yang disalahgunakan. Itu antara lain kebijakan subsidi BBM, yang pada akhirnya menyebabkan adanya aliran penyelundupan BBM dari dalam negeri ke kapal-kapal asing, karena rendahnya harga BBM di Indonesia.

"Begitu juga kemudahan untuk memasukan truk bekas dari luar negeri. Ternyata dimanfaatkan dengan memanipulasi data kepabeanan. Masih banyak orang yang berperilaku seperti itu. Pemerintah bukannya tidak mau memberikan keleluasaan, namun tolong jangan ada yang menyimpang seperti itu," ujarnya.

Di sisi lain, perekonomian Indonesia memang sangat sehat. Neraca Pembayaran baik, perbankan sehat, dan demografi ada dalam posisi yang sangat sehat. "Namun, ada banyak yang harus diperbaiki dalam perilaku berbisnis seperti tadi," tegasnya. (tams/ kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar