Jumat, 12 November 2010

Tips: CAPTION (KETERANGAN FOTO) | FOTO JURNALISTIK


Teronggok -- Topeng Obama teronggok di antara sisa replika kerbau yang terbakar saat demo kedatangan Obama, di Jln Raya Lenteng Agung menuju Depok, Rabu (10/11). (arrumtamsQ/ Ullifna Tamama)











Mirip Obama -- Seseorang yang mirip Obama memerankan aksi teatrikal dengan menarik replika kerbau yang berisi stiker foto SBY, saat demo penyambutan Obama di Jln Lenteng Agung menuju Depok, Rabu (10/11). (arrumtamsQ/ Ullifna Tamama)




Tidak peduli betapa sempurnanya kita menyelesaikan penugasan fotojurnalistik, kata-kata merupakan suatu keharusan untuk melengkapi pesan yang akan disampaikan. Bahan tulisan yang menyertai foto dinamakan Caption pada sebuah majalah atau Cutline pada Koran. Keduanya memberikan kegunaan yang sama yaitu untuk menjelaskan pesan dari foto. Semakin banyak bahan tulisan yang dikumpulkan di lapangan saat melakukan pemotretan, semakin lengkap yang akan kita laporkan. Banyak pertanyaan yang yang tidak dapat dijawab oleh foto itu sendirian

(Cap1) Menantang. Seorang warga menantang aparat saat terjadi aksi menentang pengoperasian Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bojong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, 22 November 2004. Bentrokan antara warga dan aparat kepolisian mengakibatkan tujuh orang warga tertembak dalam kerusuhan yang melibatkan sekitar 2000 massa dan seluruh fasilitas TPST hancur diamuk massa. (TEMPO/Arie Basuki )

Ada sebuah peraturan yang tidak pernah berubah, yaitu foto harus disampaikan dengan menyertakan keterangan foto. Apabila kita terbiasa menyertakan keterangan foto yang lengkap itu artinya kita sudah melakukan sesuatu dengan baik dalam mengerjakan fotojurnalistik. Kebiasaan memberikan foto beserta keterangannya memberikan sebuah ‘paket profesional’ kepada editor foto sebagai salah satu syarat foto yang layak dipublikasikan.

(Cap2) Maya, right, a young dotted jaguar, walks by the side of her mother in the Nyiregyhaza Animal Park in Nyiregyhaza, 245 kms east of Budapest, Hungary, Thursday, April 28, 2005. It is the first jaguar to be born in a Hungarian zoo for twenty years. Maya's parents have black fur, but her fur will remain dotted according to experts of the zoo. The cub is raised by her mother only, the father is kept separated. (AP Photo/MTI, Istvan Kiss)

Dua Jenis Keterangan Foto

1. The Complete Caption (keterangan foto lengkap)


Keterangan foto yang disertakan dalam setiap foto yang diberikan kepada editor harus memuat semua informasi yang diperlukan agar dap
at dipublikasikan.

Ketidaklengkapan tentang nama dan informasi yang berhubungan akan menyusahkan editor pada saat tenggat waktu (deadline).

Keterangan foto yang lengkap harus men
yertakan 5 W + 1 H yang ditulis
dalam sebuah format sebuah kalimat lengkap de
ngan gaya penulisan berita, yang bisa menjawab semua pertanyaan yang berhubungan dengan foto.

Biasanya keterangan foto lengkap disertakan dalam cetakan foto sedemikian rupa sehingga editor dapat membacanya sambil melihat foto.

Yang Harus Dipenuhi Untuk Membuat Keterangan Foto Lengkap.

1 . Overline (tagline)
Merupakan judul atau ringkasan dari keterangan foto atau
pesan dari foto, yang berfungsi menarik perhatian..
2 . Nama Lengkap Subjek. .
3. Alamat Subjek.
Alamat menjadi penting apabila editor memerlukan
berhubungan dengan subjek
kemudian untuk memperoleh keterangan lebih lanjut.

4. Pekerjaan.
Banyak pekerjaan yang tidak lazim dilakukan seseorang dan mungkin saja setiap orang mempunyai cerita yang menarik dari pekerjaannya tersebut. Mungkin saja informasi awal dari pekerjaan tersebut dapat dikembangkan menjadi sebuaf foto essay.
5. Kutipan.
Salah satu bagian dari pekerjaan seorang wartawan. Bagian terkuat dari cerita, salah satunya adalah kutipan seseorang, yang diambil saat orang terse
but memberikan keterangan
6. Waktu dan Tempat/ lokasi kejadian

Selalu mencantumkan tanggal kejadian dan tempat dimana peristiwa itu berlangsung.


PENTING: jangan sekali kali tekanan waktu yang sempit membuat kita melakukan kesalahan akibat ketidaktelitian.

2. The Published Caption

Published caption adalah keterangan foto yang dibuat untuk kepentingan pemuatan yang disiarkan dan dibaca oleh orang lain di media cetak. Pembuatan published caption lebih ringkas, tidak semua informasi yang kita punyai dipakai dalam penulisannya. Hanya yang beerkaitan langsung dengan foto dan berita saat itu saja yang dipakai.

Dengan mengikuti aturan ‘complete caption’ akan membuat foto kita terlalu banyak informasi untuk dipublikasikan. Tetapi bahan-bahan tersebut sangat berguna untuk pembuat keterangan foto . Panjang pendeknya Caption tergantung dari cerita atau berita yang menyertainya.

No-Story Caption (Caption tanpa berita yang berhubungan- atau foto lepas)

Keterangan foto yang dibuat untuk foto berdiri sendirian. tanpa berita yang menyertainya atau biasa kita sebut dengan foto lepas. Foto lepas atau foto berita merupakan sebuah berita yang disampaikan dalam bentuk foto, artinya semua informasi yang dibutuhkan cukup diwakili oleh foto itu sendiri dan keterangan fotonya.

CATATAN: Keterangan foto merupakan bagian dari pesan (berita) yang akan disampaikan.

(Cap3)LARANGAN TERBANG UE -- Pesawat milik salah satu maskapai penerbangan Indonesia melakukan tinggal landas di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (29/6). Uni Eropa (UE) dalam waktu dekat berencana melarang terbang maskapai penerbangan Indonesia ke Eropa, dan menghimbau warga Eropa agar tidak bepergian menggunakan maskapai Indonesia karena alasan keamanan. (FOTO ANTARA/Ismar Patrizki )

Keterangan foto lepas biasanya terdiri atas :

- Over line atau tag line (judul Caption) sama kegunaannya dengan judul. Kepala berita dalam sebuah berita yaitu untuk menarik perhatian, memperkuat pengaruh dari keterangan foto, dan secara umum menjadi pengikat antara teks dan foto.


(Cap4)KAWAL CAGUB -- Sejumlah satgassus pengawalan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI melakukan simulasi penyelamatan saat apel kesiapan di Jakarta, Kamis (28/6). Polda Metrojaya menyiapkan 155 satgassus untuk mengawal cagub dan cawagub DKI beserta keluarganya.( FOTO ANTARA/Fouri Gesang Sholeh)

- Keterangan Foto, yang merupakan beritanya itu sendiri. Minimal terdiri dari satu anak kalimat. Anak kalimat pertama yang menjelaskan langsung foto itu,

5 W + 1 H, harus ada di anak kalimat pertama ini. Untuk menerangkan sesuatu yang berhubungan dengan foto dan dapat memperkuat isi foto ; seperti latar belakang tentang peristiwa itu, kita bisa menambahkannya di anak kalimat kedua. Biasanya di anak kalimat kedua keterangan yang kita tulis tidak tampak dalam peristiwanya.

Dulu, judul Caption ditempatkan di atas foto dan keterangan di bawah foto. Sekarang Judul Caption dan Caption sama-sama diletakan di bawah foto. Biasanya menggunakan 2 –3 kata.

-With-Story Caption.

Foto dengan berita atau cerita yang menyertainya pembuatan keterangan fotonya lebih fleksibel, karena ada cerita yang menyertainya, maka keterangan fotonya lebih sedikit dan memerlukan kreativitas dalam pembuatannya. Sering kali keterangan foto hanya nama, tempat dan atau sebuah kutipan. Di majalah atau di Koran yang memuat tulisan panjang yang memakai foto untuk menambah kuat isi cerita, keterangan foto digunakan untuk menerangkan foto itu sendiri, lalu diikuti kutipan (celetukan) yang menerangkan hubungan foto dengan isi tulisan. Kutipan itu sendiri bisa diambil dari isi tulisan, sehingga pembaca mengerti konteksnya.


Beberapa Panduan Dasar Dalam Pembuatan Keterangan Foto :

1. Dapatkan semua informasi sendiri, jangan bergantung orang lain.

2. Nama seseorang harus jelas, cek dan ricek lagi ejaannya.

3. Jika peristiwa itu sebuah acara yang telah dijadwalkan minta segala sesuatu

yang berhubungan dengan jadwal acara, pidato, nama tokoh dalam acara tersebut.

4. Minta nama dan nomor telefon orang yang menjadi subjek kita.

5. Jangan menanyakan nama seseorang pada orang lain, kecuali orang tersebut adalah suami atau istri yang bersangkutan atau Public Relation dan orang yang ditunjuk sebagai Humas.

6. Untuk kejadian Spot news, menanyakan orang saat kejadian berlangsung mungkin akan repot. Usahakan mendapatkan nama dan nomor telefon petugas atau pelaku yang berada dalam peristiwa itu, untuk mendapat keterangan lebih lanjut.

Kalimat pertama dari sebuah keterangan foto adalah keterangan yang menjelaskan secara jelas apa yang terjadi dalam foto tersebut. Pada kalimat pertama Jangan terlalu umum, harus spesifik. Kalimat kedua menerangkan informasi umum yang menjelaskan peristiwa atau latar belakang peristiwa tersebut.

Semua yang data yang kita peroleh akan menjadi data base kita apabila suatu saat kita membutuhkan informasi mengenai orang maupun peristiwa tersebut. Apabila suatu waktu akan berhubungan kembali dengan subjek tersebut, maka kita akan dengan mudah menghubunginya.


(Cap5) Menutup jalan. Sejumlah buruh merusak pot pohon yang terpasang di pinggir jalan Medan Merdeka, Jakarta, Rabu (05/04). Tindakan buruh tersebut diakibat tuntutan mereka tidak ada tanggapan baik dari Presiden dan Wakil Presiden, sehingga mereka membuat arus lalu lintas di sepanjang jalan Thamrin hingga Sudirman lumpuh total. (Tempo/Fransiskus.S)

What : Membuat arus lalu lintas di sepanjang jalan Thamrin hingga Sudirman lumpuh total

Why : Akibat tuntutan yang tidak mendapat tanggapan baik dari Presiden dan wapres

Who : Sejumlah buruh

Where : Jalan Merdeka Selatan, Jakarta

When : Rabu, 5 April

How : Merusak pot pohon

(Cap6) Seorang ibu mencuci ditemani dua anak remaja yang menjaga aliran air kotor yang keluar dari pipa pembuangan yang bermuara ke Kali Ciliwung di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (18/04). Masalah penyediaan air bersih masih belum ditangani dengan serius oleh pemerintah, sehingga banyak masyarakat yang tetap menggunakan air kotor dalam keseharian kegiatan rumah tangga mereka. (arrumtamsQ/ Ullifna Tamama)

What : Mencuci di aliran air kotor dari pipa pembuangan

Where : Kali Ciliwung di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta

When : Selasa , 18 April

Why : Masalah penyediaan air bersih masih belum ditangani dengan serius oleh pemerintah, sehingga banyak masyarakat yang tetap menggunakan air kotor dalam keseharian kegiata n rumah tangga mereka

Who : Ibu dan dua anak

How : ………...


(Cap7) Real Madrid's Roberto Carlos reacts to a yellow card shown by referee Michel Lubos for a tackle on Arsenal's Jose Antonio Reyes during their UEFA Champions League first knock-out round second leg soccer match at Highbury, London, Wednesday, March 8, 2006. (AP Photo/Bernat Armangue)


What : reacts to a yellow card

Who : Real Madrid's Roberto Carlos and referee Michel Lubos

When : Wednesday, March 8, 2006.

Where : Highbury, London,

Why : for a tackle on Arsenal's Jose Antonio Reyes during their UEFA Champions League first knock-out round second leg soccer match

How :


(Cap8) A shepherd takes his herd of goats across the dry bed of the Himayatsagar reservoir, the second major reservoir in Hyderabad, the capital of southern Indian state of Andhra Pradesh, Tuesday, (05/ 05). Officials have warned that Hyderabad city will face grave water shortages during the approaching summer if there is no rain in coming weeks. (AP Photo/ Mustafa Quraishi)


(Cap9) Swallows sit on a wire in the sweltering sun in Ghimpati, 70 kilometers southwest of Bucharest, Romania, on Tuesday June 26, 2007. In southern Romania, temperatures reached 40 C (104 F) Tuesday and according to Romanian Health Ministry 29 people have died over the past few days from heat related problems. (AP Photo/Vadim Ghirda)


Seni Membuat Caption

Seorang penulis Caption yang baik, harus dapat memperhatikan setiap detil pada foto dan teks secara berimbang. Buatlah judul caption yang menginterprestasikan apa yang terlihat di foto. Dasar membuat Caption yang baik

- Jangan menerangkan air muka seseorang apabila terlihat secara jelas.

- Jelaskan sesuatu yang langsung terlihat secara sesaat. Misalnya : bedakan antara memeluk atau bergulat.

- Gunakan kalimat aktif. Untuk kalimat berikutnya bisa menggunakan kalimat pasif.

- Hindari kalimat seperti ‘tampak’ ‘terlihat’ untuk menjelaskan kegiatan subjek.

- Untuk memperkenalkan orang, gunakan penunjuk : dari kiri……. Bukan dari kiri ke kanan

Misal, “Berdiri dari kiri, taufik Kiemas, ketua DPR, Akbar tanjung, Ketua MPR, Amien Rais……..-

- Kalau hanya menceritakan atau mengenalkan kegiatan satu subjek, tidak diperlukan lagi keterangan dari kiri…….misal, “Presiden Megawati menyalami Pendana Menteri Australia John Howard di Istana Negara Jakarta…….”

Memberi keterangan Megawati (kiri), John Howard (kanan) tidak perlu lagi karena peristiwanya hanya melibatkan 2 orang saja dan diasumsikan, pembaca sudah tahu siapa Megawati dan Howard


(Cap11) Dihukum 2 tahun.Terdakwa Amir Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) Abu Bakar Ba'asyir dikawal petugas usai majelis hakim menjatuhkan vonis di Aula Departemen Pertanian, Kamis (3/3). Abu Bakar Ba'asyir dijatuhi hukuman dua tahun enam bulan penjara dipotong masa tahanan karena dianggap secara sah dan meyakinkan memenuhi unsur-unsur pasal 183 per jo pasal 183 ke 3 KUHP. (Photo: Tempo/Arie basuki )




(tams)

9 komentar:

  1. referensi dong bang buat skripsian nih, hehe lagi nyari buku buat referensi. tulisannya kece :D

    BalasHapus
  2. saya juga, minta referensinya dong buat skripsi..

    BalasHapus
  3. Wah, semakin menambah ilmu nih buat blogger nubi seperti saya.
    Terima kasih infonya, mau langsung saya terapkan di blog saya http://de-klok.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Silahkan mau sharing bisa di 31729f53

    BalasHapus
  5. Makasih bnyk ka..sngt membantu buat analisis skripsi, boleh minta referensinya ka???

    BalasHapus